16 Maret 2009

HEMAT ENERGI



Hemat Energi Untuk Mengurangi Beban Kita

Bersinar dan Berbinar Berkat Lubang Kaca
Unik! Beraksen lubang-lubang berpenutup kaca. Cahaya tembus melewatinya. Tampilan lantai tambah menawan.
Lantai kayu ruang tengah di lantai dua di rumah pesinetron
Agus Kuncoro dan Anggia Jelita mengundang rasa suka. Lantai itu berlubang-lubang, tapi bukan karena dimakan rayap atau keropos. Lubang-lubang berbentuk lingkaran itu memang sengaja dibuat. Berbaris rapi, memanjang di kiri dan kanan lantai. Delapan lubang itu pun memancarkan cahaya.
Lantai unik itu letaknya tepat di atas ruang tamu dan foyer bawah. Lantai dijepit ruang keluarga dan ruang tamu. Sisi yang lain langsung berhubungan dengan tangga ke atas dan ke bawah. Lantai disangga konstruksi besi baja dan hollow.
Berukuran 4m x 2,3m, lantai terbuat dari rangkaian papan kayu jati tebal 3cm. Papan-papan jati ini direbahkan di atas struktur besi baja. Ukuran setiap papan lantai ini berbeda. Ada yang 50cmx150cm, 50cmx80cm, dan 50cmx47cm. Keragaman ukuran papan jati ini karena merupakan papan bekas lemari tua.
Ide menempatkan deretan lubang lingkaran diameter 20cm pada kiri dan kanan lantai muncul untuk memperoleh tampilan lantai yang nyeleneh.
Hasilnya ternyata bukan sekadar aksen aneh, namun malahan membuat tampilan lantai jadi makin memikat. Penempatan lubang kaca itu membuat lantai tampak bersinar pada malam hari. Sumber cahayanya cukup lampu yang ada di lantai bawah. Hemat Bukan....

2 komentar:

  1. Ok memang dengan cara spt itu kita bisa menghemat energi, apalagi sebentar lagi biaya listrik jg tambah mahal mau naik nih..? Terima masih mas artikelnya yg menarik ini

    BalasHapus
  2. sip mas kita harus hemat energi=hemat biaya..matur nuwun

    BalasHapus